Selasa, 16 Desember 2014

secuil surga di sudut mataram

sabtu malam di kawasan mataram, semarang.
gerimis-gerimis, bingung mau makan apa. laper tapi kenyang. pengen ngemil mungkin tepatnya.
kemudian melintaslah saya dan kakak-kakak saya di sebuah pelataran toko di jalan mataram


kira-kira pukul 19.00 lebih beberapa menit, tepatnya sih saya lupa. sebuah warung tenda yang sudah sejak lama ingin saya kunjungi hanya saja seringkali terlewat, belum sempat.


ya, warung gemblong bakar. gemblong adalah jajanan pasar yang berbahan utama beras ketan. memiliki nama lain yaitu jadah atau uli. namun di warung ini gemblong disajikan dengan berbagai macam topping, pun juga menyajikan menu lain selain gemblong.

dengan menu yang sedemikian banyaknya saya dan kakak-kakak pun bingung karena pada dasarnya kita ingin memesan sesuatu yang pada akhirnya dapat menjadi sebuah bahan untuk tulisan saya di blog. hahaha. akhirnya kita bersepakat memesan 6 buah menu ; 3 menu makanan dan 3 lagi menu minuman.


ini adalah roti bakar keju di warung gemblong bakar aneka rasa. tidak terlalu berbeda dengan umumnya. bahan-bahan yang digunakan sendiri adalah roti, mentega dan keju cheddar.


berkut ini adalah roti bakar serundeng.sepintas, serundeng terlihat memiliki persamaan dengan abon, beberapa bahkan tidak dapat membedakannya. padahal dari segi bahannya saja sudah berbeda, abon umumnya menitik beratkan bahan utama pada daging, entah sapi, ayam atau daging lainnya. serundeng bahan utamanya adalah kelapa dan daging merupakan optional saja. gemblong bakar serundeng ini rasanya sedap, baik dari segi gemblongnya ataupun dari segi serundengnya sendiri. gemblongnya di masak dengan cara di bakar, aroma daun pisang sebagai alas dari gemblong bakar pun menyeruak menambah kelezatan gemblong bakar serundeng ini sendiri. dari sisi serundengnya, rasanya manis seperti rasa gula jawa pada umumnya yang dipadukan dengan kelapa sebagai bahan utama dan bawang merah, bawang putih serta kencur sebagai bumbu penyedap tambahanya.


yang ini merupakan hasil variasi dari bu lily ; wedang gemblong bakar.  gemblong terlebih dulu dibakar, sama halnya dengan gemblong bakar serundeng tadi hanya saja gemblong dibarkan plain tanpa topping apapun, kemudian dimasukan pada kuah yang terbuat dari air wedang kacang hijau yang dicampur dengan sedikit susu cair.

lalu ini adalah pilihan menu minuman yang kami pesan. yang paling kiri adalah wedang kunir asem, kemudian yang tengah ada es beras kencur, lalu yang terakhir dan yang paling bening adalah es alang-alang.
wedang kunir asem disini tidak disajikan dari kemasan instan. bu lily meracik sendiri ramuan kunir asemnya.
es beras kencur disini juga tidak tersaji dari kemasan instan, bu lily membuat sendiri dari beras yang disangrai, kencur dan sedikit sereh yang menjadikan es beras kencur ini hangat dan sarat akan rempah lain yang tidak disebutkan oleh ibu lily.
yang terakhir adalah es alang-alang.





ini adalah alang-alang kering yang digunakan untuk membuat es alang-alang. kemudian selesai proses pengambilan air sari alang-alang, ditambahkan manisan buah bligo dan gula batu untuk teman menyajikan es alang-alang. alang-alang sendiri bermanfaat bagi mereka yang menderita panas dalam, sedangkan buah bligo yang dijadikan manisan sangat bagus bagi mereka yang memiliki gangguan ginjal, hipertensi dan beri-beri.


lengkaplah sudah cemilan berkarbohidrat pengganti nasi dan minuman herbal nan menyehatkan. harganya cukup bersahabat. seporsi roti bakar keju dihargai 9.000, gemblong serundeng 5.000, wedang kunir asem, es alang-alang dan es beras kencur masing-masingnya adalah 5.000, lalu wedang gemblong dihargai 6.500.

jika ingin berkunjung, silahkan datang di pelataran Yamaha Mataram Sakti Jl MT. Haryono nomer 439. warung gemblong bakar aneka rasa ini buka sejak pukul 19.00 sampai dengan pukul 24.00, atau untuk pemesanan bisa menghubungi 081 577 484 29 atau 081 54234 8882.

selamat mencoba!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar