Sabtu, 13 Desember 2014

Mak Tompo, Sebuah Mutiara Tersembunyi.

warung makan mak tompo adalah sebuah mutiara tersembunyi dalam dunia perkulineran semarang. sebenarnya warung makan ini tidak terlalu awam bagi para pecinta kuliner di semarang, namun bagaimanapun juga letaknya memang tersembunyi, di jalan brumbungan loyola nomer 4 semarang.

warung ini terletak di dekat SMA Loyola Semarang, cari saja sebuah gang dengan patung yang membelakangi jalan dan terdapat warung makan tegal (warteg) di dekatnya, masuk saja di gang tersebut. warung mak tompo terdapat di sisi kiri jalan, kecil namun terdapat spanduk berukuran cukup besar yang pasti dapat terbaca bagi siapa saja yang lewat di depannya. hanya saja, yang menggunakan mobil memang harus memarkirkan kendaraanya di pinggir jalan dekat patung di depan gang tadi, gang brumbungan loyola ini tidak dapat untuk berpapasan mobil.

  

warung makan mak tompo sekarang ini sudah dikelola oleh generasi keduanya, berdirinya sendiri sudah sejak tahun 1976 lalu.
adapun beberapa menu yang ditawarkan dantaranya adalah sebagai berikut :
berdasarkan penuturan menantu mak tompo yang kini menjabat sebagai pengelola warung mak tompo, ada beberapa menu andalan dari warung makan mak tompo ini sendiri yaitu udang sambel, cumi tinta, kepiting lemburi dan pepes udang.
pada akhirnya saya dan teman saya memilih pepes udang dan cumi tinta sebagai hidangan kami.

pepes udang bukan sembarang pepes udang, pepes udang disini menggunakan udang yang cukup besar dan bungkusan daun pisangnya jadi penuh dengan udang, bukan seperti pepes udang abal-abal. cumi tintanya pun dari segi ukuran lumayan besar.

ini adalah pepes udang yang saya pesan, "merah"nya hampir mirip dengan sambal udang, yang membedakan hanya kuantitas udangnya yang lebih sedikit dari sambal udang. jika kurang suka dengan rasa pedas namun penasaran dengan kenikmatan pepes udang, ada baiknya memesan sambal udang saja karena bisa meminta cabai yang lebih sedikit untuk hidanganya. dari segi rasa, pepes udang ini didominasi oleh rasa cabai yang membuat penikmatnya bercucur keringat, namun tetap saja pepes udang ini tidak meninggalkan unsur-unsur pepes lainnya seperti bawang merah, bawang putih, kemiri dan tomat. harga pepes udang ini adalh 6.000 perporsinya. cukup adil untuk kualitas rasa yang ditawarkan.


perpaduan cumi petelur segar yang sengaja tidak dipotong agar tercipta kaldu yang terbuat dari tintanya dengan bawang putih, merica, jahe, asem sukses membawa saya merasa sedang makan di rumah sendiri. cumi tinta ini memanglah resep masakan yang sudah menjadi rahasia umum tentang kenikmatanya, hampir setiap orang mengetahui cara masak sederhana demikan. hanya saja, warung mak tompo ini menyajikan cumi tinta dengan takaran bumbu yang pas dan mengolahnya dengan baik sehingga tingkat kematanganya bagus dan tidak amis, belum lagi cumi yang digunakan adalah cumi petelur. seporsi cumi tinta ini dihargai 30.000 perporsinya, sama halnya dengan sambal udang, tapi saya dan teman saya hanya memesan separuh porsi yang sudah cukup banyak ini dengan harga 15.000.


ini merupakan beberapa jajanan yang disajikan di warung makan mak tompo. adalah tahu susur (tahu isi sayur), lunpia rebung, pisang goreng dan pisang limpang limpung. dari sekian, pisang limpang limpung cukup menggelitik rasa ingin tahu saya. bentuknya bulat dan permukaanya sedikt gosong, kurang terlihat cantik memang, tapi entah mengapa saya justru tertarik karena menurut saya pisang yang digoreng sampai gosong seperti ini pasti mengalami proses karamelisasi dari pisangnya sendiri yang pastilah manis rasanya. benar saja, pisang raja matang yang dipotong-potong dicampur dengan tepung dan beberapa bumbu tipis ala pisang goreng umumnya terasa sangat lezat akibat proses karamelisasi pisang raja matang yang digoreng ini.

warung mak tompo sendiri buka setiap hari sejak jam 8 pagi hingga jam 4 sore. anda juga dapat melakukan pemesanan untuk jumlah banyak pada nomer telpon 024-3558141. namun sayangnya warung ini tidak melayani pesan antar, jadi jika anda memesan seberapapun banyaknya haruslah mengambil sendiri ke jalan brumbungan loyola nomer 4 semarang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar